Patah tumbuh bisnis pulsa etoser

Patah tumbuh bisnis pulsa etoser

Jika ada satu bisnis yang selalu hidup di etos bandung itu adalah bisnis jual pulsa. Dari awal ketika Fery septian -etoser 2005- mengembangkan bisnis pulsanya hingga kegagalan bisnis pulsa Dini Mardiah -etoser 2007- selalu ada entrepreneur-entrepreneur baru yang terjun ke bisnis ini.
“ emang harus dijalani dengan serius dan profesional.” Cerita Susilawati -etoser 2008- yang kini terjun pula di bisnis ini. Dengan belajar dari kegagalan-kegagalan penjual terdahulu, startegi baru terus dikembangkan oleh pemain-pemain baru seperti Novi Arianto -etoser 2007-, Susi dan Pradita -etoser 2008- semuanya harus serba tepat dan tahan banting. Jika strateginya tepat kita malah bisa mengembangkan usaha.
Jika dianalisis bisnis pulsa ini mulai berkembang menjadi sebuah pasar persaingan sempurna, dimana efisiensi akan menjadi hal yang muncul dengan sendirinya jika dapat memanfaatkan sumberdaya yang ada. Dengan banyaknya pemain dalam bisnis ini, bahkan untuk lingkup etos bandung, maka otomatis setiap pemain harus dapat memanfaatkan setiap sumberdaya dengan hati-hati dan seoptimal mungkin agar dapat terus melanjutkan usahanya. Hal ini berdampak pada pelayanan terhadap konsumen dan strategi yang digunakan oleh setiap etoser yang berjualan pulsa.
“ yang kita takutkan adalah jika etoser-etoser tersebut pada akhirnya menyadari bahwa mereka dapat membentuk sebuah kartel untuk pasar etos bandung. Mulai dari penetapan harga bersama, penyeragaman sumber deposit, dan strategi yang memungkinkan agar etoser sedapat mungkin hanya membeli pulsa kepada mereka. “ analisis dari Totong Sudarto -etoser 2007, asisten lab ekonomi mikro esp unpad- dengan sebuah konsolidasi dan kesepahaman dari para penjual pulsa di etos dapat dibuat sebuah persatuan penjual pulsa yang membuat posisi dan bisnis ini semakin kuat. Pada akhrinya mungkin bisnis ini memang bisa menjadi sumber pemasukan sampingan yang sangat baik. (ab)

One thought on “Patah tumbuh bisnis pulsa etoser

  1. wah salah…yang mulai bisnis ini saya dulu…lumayan laku bahkan langganan banyak juga di sekitar asrama. cuma syangnya bertahan 1 semester. soalnya ga ada waktu untuk maintain.semangat selalu jiwa entrepreneurship para etoser bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s