Patmi: berubah demi sebuah tujuan

Patmi: berubah demi sebuah tujuan

Kabar etoser kali ini datang dari kantor pusat Bank Syariah Bukopin di Salemba, Jakarta. Ada seorang arsitek yang ‘nyasar’ menjadi account officer bank syariah, Patmi Ningsih – etoser 2004 – yang biasa di panggil Mba Ning kini sedang menjalani ODP AO bank syariah bukopin. Bagaimana jadinya seorang tukang gambar tiba-tiba berubah menjadi seorang tukang hitung uang. “panjang ceritanya, dimulai dari kelas tiga SMP.” Kisahnya saat diwawancara.
“ sebenernya semua ini bukan perubahan yang drastis dan tiba-tiba, namun memang telah direncanakan dan ada sedikit kecelakaan dan keberuntungan juga. “ Sejak awal memang Patmi tidak berencana masuk sekolah arsitek, karena suka dengan hitungan sehingga memilih Teknik informatika sebagai pilihan pertama. “ sayang masuknya ke teknik arsitektur, tapi ya karena pengen banget kuliah di ITB. Ya udah jalanin aja.” Lanjutnya. Mengapa semua ini berawal dari kelas tiga SMP, karena dari situlah semua cita-cita dan target hidup dibuat melalui sebuah peta hidup seorang Patmi. “ dulu udah ber-azzam, gak akan nikah dulu sebelum bisa benerin rumah orang tua di magelang.”
Maka sejak awal kuliah di arsitek, Patmi sudah memutuskan untuk tidak menjalani karier sebagai arsitek, “ sepinter-pinternya arsitek, fresh graduate itu cuma jadi drafter dengan gaji 1,5.” Menurutnya semua itu tidak cukup untuk mewujudkan cita-citanya. Karena itu ketika kesempatan ODP dari bank syariah bukopin datang, langsung diambilnya,” tantangan disini gede banget, apalagi bakal belajar banyak hal baru. jadi berubah dari arsitek jadi officer bank itu bakal dapet banyak hal.” Dan kini dia menjadi tukang gambar yang menjadi tukang hitung duit orang.
Perubahan itu perlu dan bagi mahasiswa harus dapat dijadikan ajang untuk mengasah bakat agar menjadi lebih baik. “ tapi, perubahan tuh harus tahu dulu mau berubah kemana. Mau jadi tambah baik atau tambah buruk.” Nasehatnya agar sebelum berubah kita harus menentukan tujuan kenapa kita berubah, jangan secara sporadis berubah namun tanpa perencanaan yang baik hasil akhirnya justru tidak akan baik bagi semua.(ab)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s