Aisyah binti Abu Bakar

Oleh Siti Sholihah

“…Siapakah orang yang paling engkau cintai wahai Rasulullah? Beliau menjawab, ‘Aisyah….” (Muttafaq ‘alaih)

Aisyah  r.a. adalah istri Rasulullah yang kesuciannya diumumkan dari tujuh lapis langit dan seorang istri Nabi saw d dunia dan akhirat. 

Rasulullah saw. selalu berusaha menyenangkan dan membahagiakan Aisyah r.a., salah satunya ketika beliau melindungi Aisyah dari kemarahan Abu Bakar karena teguran atas tingginya suara Aisyah kepada Rasulullah. Rasulullah menasehati Aisyah dengan kelembutan dan tetap melindungi kehormatannya.

Aisyah r.a. menyaksikan sendiri kemuliaan Rasulullah saw. Sebagai gambarannya, Aisyah r.a. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah memukul dengan tangannya. Beliau tidak pernah memukul istri, atau pelayan, kecuali memukul ketika sedang berjihad di jalan Allah. Beliau juga tidak pernah membalas dendam terhadap orang yang menyakitinya, kecuali jika aturan Allah dilanggar. Saat itulah beliau membalasnya karena Allah ‘azza wa jalla.” (H.R. Muslim).

Rasulullah saw. senantiasa menumpahkan perhatiannya kepada Aisyah r.a. dengan mengajarkan kepadanya bahwa kelembutan dan kasih sayang adalah sumber dari segala kebaikan.

Sosok Aisyah :

  1. Aisyah sangat mencintai Rasulullah saw. sekaligus sangat cemburu kepadanya. Salah satunya, Aisyah sangat cemburu kepada Khadijah, namun Rasulullah selalu menegur semua kecemburuan Aisyah.
  2. Aisyah adalah sosok yang cerdas dan pintar. Salah satu kisahnya ketika beliau mengikuti Rasulullah dari belakang, karena ingin mengetahui kemana Rasulullah pergi. Namun Rasulullah akhirnya menegur Aisyah dan menjelaskan bahwa beliau pergi diam-diam agar tidak mengganggu Aisyah yang akan tidur untuk memenuhi panggilan Jibril. Namun saat ditegur, Aisyah mampu meredam kemarahan Rasul dengan mengalihkan pembicaraan mengenai pelajaran apa yang bisa ia petik dari peristiwa itu.

Materi halaqah Shubuh asrama putri Beastudi Etos Bandung ini diambil dari buku ’35 Sirah Shahabiyah’ karya Mahmud Al-Mishri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s