Memanfaatkan Masa Muda

Pada usia yang ideal ini (usia muda/anak-anak kuliah) terdapat ghirah yang tinggi, ini merupakan fase yang sangat krusial (punya semangat tinggi, kekuatan dan tenaga yang besar).

Kekuatan umat Islam ada di masa-masa muda (para pemuda).

Di akhirat ditanya tentang: Harta, dimana dibelanjakan; Usia, digunakan untuk apa usia mudamu; Ilmu, dipake untuk apa ilmu yang sudah didapat.

Wajar kalau orang yang sudah tua rajin ke mesjid, karena sudah mulai ingat mati.

Berbeda dengan anak-anak muda yang ke mesjid, justru disini kekuatan islam atas semangatnya anak-anak muda dalam beribadah.

Kita harus melakukan banyak kebaikan, apapun itu bentuknya. Ada sepotong kisah, yaitu seorang sahabat namanya Dzul Jautsar, beliau masuk Islam pada tahun 8H yang dulunya sudah diajak nabi berkali-kali untuk berhijrah tapi dia menolak, akhirnya saat ia masuk Islam dia menyesal kenapa tidak dari dulu.

Pada zaman nabi ada satu rombongan, dimana sahabat-sahabat tergolong tidak mampu dari segi ekonominya, mereka sangat ingin ikut dengan rasulullah, namun tak ada lagi tumpangan untuk mereka, akhirnya rombongan-rombongan tadi menangis tersedu-sedu dikarenakan mereka tidak dapat ikut bersama Rasulullah.

Ada segolongan sahabat yang tidak mampu juga, mengadu ke nabi, orang-orang kaya memborong semua amal, mereka solat, kami, mereka puasa kami jua, tapi saat berinfak, kami tak mampu, nah saat itu nabi mengajarkan baca zikir 33x (subhanallah, alhamdulillah, allahuakhbar), ini pahalanya sama saja, lalu mereka mengatakan lagi, ternyata zikir-zikir itu juga diketahui oleh mereka si orang-orang kaya itu, dan sesungguhnya Allah menghendaki kepada siapapun yang Ia kehendaki.

Lalu diam, diam merupakan penyakit, diam karena tidak melakukan apa-apa saja, ibarat seperti air dalam wadah yang tergenang dan menjadi sarang nyamuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s